-->

Pengertian Blog dan keuntungan menjadi Blogger

salam hangat untuk seluruh pembaca saya, saya adalah seorang blogger, walaupun masih jauh dari kata profesional. Walaupun begitu saya juga memiliki title sebagai seorang blogger, karena saya memiliki sebuah blog dan menulis disini. Di era modern sekarang ini, menulis blog menjadi sangat trend dikalangan masyarakat teknologi seperti sekarang ini. Menjadi seorang blogger mempunyai banyak sisi keuntungannya, jadi tidak mengherankan banyak orang yang tertarik untuk menulis di blog, yang biasanya dilakukan karena hobi seperti saya , bahkan bagi sebagian orang blogger telah menjadi sebuah pekerjaan, keren kan.

Walaupun begitu, masih banyak juga kok yang masih belom mengenal blog. “seperti kamu ne, yang lagi cari tau blog itu apa sih? Iyakan? ”.
Baiklah, daripada kamu mati penasaran tentang apa itu blog, saya akan menjawab pertanyaan kalian tentang pengertian, tujuan, berbagai jenis platform blog serta perdedaannya dengan website yang telah saya rangkum dari beberapa sumber dibawah ini.
Check this out!!!
Pengertian Blog
Menurut wikipedia Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Kata Blog itu berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang artinya catatan online (yang berada di web). Pengertian lainnya, blog adalah sebuah situs web yang berisi tulisan-tulisan, berbagai artikel ataupun informasi bermanfaat yang biasanya diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat kita akses secara online baik untuk umum ataupun pribadi.
Tujuan blog
Pada dasarnya blog bertujuan untuk Menyampaikan informasi yang bermanfaat dan juga menarik baik itu untuk diri sendiri maupun bagi orang lain. Tetapi selain itu blog juga memiliki tujuan maupun manfaat yang didapatkan oleh seorang blogger maupun pembacanya.
Tujuan maupun manfaat blog antara lain  :
1.      Blog Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain.
2.      Untuk seseorang mungkin memiliki hobby menulis, blog adalah tempat yang tepat bagi mereka menyalurkan hobby nya itu dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif.
3.      Blog juga menjadi tempat untuk Berkarya atau aktualisasi diri. Kalian pasti mengenal Radtya Dhika, dia adalah contoh nyata dari sekian banyak kesuksesan para blogger. Bukan hanya dari segi novel, kamu juga bisa berkarya dalam bidang fashion dengan menjadi fashion blogger yang cantik.
4.      Di blog kita bisa saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung yang memberikan tanggapan atau komentar. Itu sangat berguna untuk menambah wawasan kamu.
5.      Berbagi pengalaman di blog juga sangat menguntungkan.
6.      Dan manfaat yang paling menarik yang perlu kamu tau adalah dolar,hehe. Karena blogspot itu berada dibawah naungan google, maka kita bisa dapatkan bayaran dengan menjadi publisher adsense. Great!!

Platform Blog

Sejak kehadiran blogger, situs penyedia blog gratis menjadi alternatif bagi para blogger untuk membuat blog terus bermunculan. Pada saat ini tercatat ada 15 platform blog terbaik. Diantaranya adalah
  1. WordPress (Wordpress.com dan Wordpress.org)
  2. Blogger (Blogspot.com)
  3. Tumblr
  4. Medium
  5. Svbtle
  6. Quora
  7. Postach.io
  8. Google+
  9. Facebook Notes
  10. SETT
  11. Ghost
  12. Squarespace
  13. Typepad
  14. Posthaven
  15. LinkedIn Influencers
Berdasarkan rangking popularitas di Alexa, ada dua platform blog teratas atau paling banyak dikunjung user di level global, yaitu:
  1. Blogger/Blogspot
  2. Wordpress
Perbedaan Blog dengan Website
            Perbedaan blog dengan  website memang sedikit membingungkan. Sebagian orang tidak bisa membedakan antara blog dengan website. Blog bagian dari website, sedangkan website belum tentu sebuah blog. Supaya lebih mudah, kita misalkan saja website itu dengan sebuah gedung yang memiliki banyak ruangan, sedangkan blog adalah salah satu ruangan di gedung tersebut.
            Selain itu blog dengan website juga memiliki perbedaan lain baik itu dari segi kontens, bahasa yang digunakan misalnya penggunaan bahasa formal dan informal. Website biasanya memiliki kontens yang yang berskala besar seperti produk, teknologi, bahkan universitas.


0 Response to "Pengertian Blog dan keuntungan menjadi Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel