Saturday, 8 October 2016

Pengertian dasar Pemograman PHP



PHP Merupakan bahasa pemrograman yang paling sering digunakan oleh programming web karena merupakan bahasa pemrograman opensource, sehingga para programming tidak perlu membeli lisensi untuk membuat aplkasi web. Rasmus Lerdorf merupakan orang yang membuat PHP pada tahun 1995. Pada waktu itu, nama PHP adalah FI (Form Interpreted) yang merupakan sekumpulan scipt, digunakan untuk mengolah data form dari web. Pada perkembangan berikutnya, Rasmus akhirnya melepaskan kode sumber tersebut dan diberi nama PHP (Personal Home Page) . Dengan berubahnya program menjadi opensource, maka banyak programming tertarik dalam mengembangkan PHP.



Rilis pertama PHP adalah PHP 2.0, pada bulan November 1997. Pada rilis ini, interpreter sudah bisa di implikasikan ke bahasa C. Didalam versi ini sudah ditambahkan modul-modul ekstensi yang menyebabkan kemampuan PHP lebih baik. Pada tahun yang sama, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interperter PHP menjadi lebi bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Sehingga pada juni tahun 1998, perusahaan tersebut akhirnya merilis versi baru dari PHP dengan nama PHP 3.0 dan mengubah kepanjangan PHP menjadi Hypertext Preprosessor.  Pertengahan tahun 1999, Zend merilis versi baru dari PHP dan diberi nama PHP 4.0. PHP 4.0 ini paling bnyak digunakan oleh para programming karena digunakan untuk membuat aplikasi web yang lebih kompleks tetapi memiliki kecepatan proses dan stabilitas yang tinggi. Pada perkembangan berikutnya, Zend akhirnya merilis PHP 5.0 yang baru di dirilis pada bulan Juni 2014. Versi ini merupakan versi ter mutakhir dari PHP karena sudah menerapkan model pemograman yang berorientasi objek yang merupakan model yang banyak dikembangkan disemua bahasa pemograman. PHP group kini sudah merilis versi baru dari PHP, yaitu Versi 5.1.6.
Untuk memulai pemograman PHP, tidak cukup hanya dengan menginstal PHP saja, diperlukan beberapa perangkat lunak tambahan yang harus di instal. beberapa perangkat lunak tersebut saling ketergantungan satu sama lain, diantaranya:

1.      APACHE

Apache merupakan web server yang bersifat opensource yang digunakan oleh PHP. karena sifatnya yang opensource, sehingga bisa diambil, digunakan, bahkan bisa mengubah kode programnya tanpa harus membayar. Apache bertugas untuk menanpilkan hasil proses script PHP yang dituliskan oleh pembuat laman web. sehingga dihasilakan halaman web yang benar kepada peminta, dan dapat juga suatu data base diakses terlebih dahulu misalnya MsSQL,untuk mendukung haaman yang dihasilkan.

2.      MySQL



MySQL Merupakan database serveryang paling sering digunakan dalam pemograman PHP. MYSQL digunakan  untuk menyimpan data didalam database dan memnipulasi data-data yang diperlukan . memeanipulasi berikut berupa menambah,mengubah ,dan menghapus data yang ada didalam database.

3.      PHPMyAdmin


Dengan menggunakan MySQL , Pengolahan database dilakukan dengan mengetikka baris-baris perintah(Misalnya menggunakan Mysql console) yang sesuai untuk keinginan tertentu. Jika kita ingin membuat database dan memanipulasi tabel, maka kita harus mangetikkan perintah yang sesuai. hal diatas tersebut cukup sulit dilakukan karena kita harus menghafalkan semua baris sintak tersebut dan harus mengetikkan satu oersatu baris sintak tersebut. Oleh karena itu, diprtlukan perangkat lunak tambahan yang disebut dengan PHPMyAdmin. Dengan PHPMyAdmin, pengelolaan atau manipulasi database jadi lebih mudah, karena tidak perlu menghafal sintak nya.
Untuk melakukan instalasi , semua perangkat diatas bisa dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan melengkapi file-file yang dibutuhkan, kemudian mengubah beberapa baris kode di file php.ini, httpd.conf, dan mysql.ini. Untuk cara di atas, bagi seoarang pemula, pasti sangat sulit dan membingungkan. Oleh karena itu, saya menyarankan untuk menggunakan perangkat lunak XAMPP.

XAMPP adalah perangkat lunak opensouce yang bisa diunggah secara gratis dan bisa dijalanakan disemua sistem operasi seperti Windows, Linux, Solaris, Mac dan XAMPP ini sendiri dikembangkan oleh Apache Friends Perangkat Lunak tersebut berisi beberapa kumpulan perangkat lunak yang dibutuhkan antara lain PHP, Apache, MySQL, dan PHPMyAdmin.

referensi > Buku > "Jago Pemrograman PHP" > penulis I komang Setia Buana




0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Beauty

Follow by Email

Breaking News