Thursday, 13 October 2016

Pengertian Defenisi Basisdata/ Database Menurut Para Ahli


Dimana pun kita berada kita selalu berhubungan dengan data. baik itu di sekolah, di supermarket , di bank dan lainnya. sangking banyaknya data , diperlukan uatu upaya untuk mengelola data-data tersebut dengan benar supaya kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari data-data tersebut. Sehingga sekelompok perkumpulan pengelohan data-data disebut database.

Basis data menyediakan fasilitas atau mempermudah dalam menghasilkan informasi yang digunakan oleh pemakai untuk mendukung pengambilan keputusan. Hal inilah yang menjadikan alasan dari penggunaan teknologi basis data pada saat sekarang (dunia bisnis).

Sebenarnya, sebelum canggihnya teknologi pun ada basis data yang di olah secara manual. Namun seiring dengan perkembangannya teknologi seperti sekarang ini, database dapat dibuatdan dikelola dengan sangat sistematis dan mudah untuk di akses.

Pengertian Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, mahasiswa, pembeli), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya yang direkam dalam bentu angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.

Pengertian Basis Data adalah sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasikan untuk memenuhi kebutuhan para pemakai di dalam suatu organisasi.
Itu merupakan pengertian basisdata secara umum, berikut pengertian defenisi basisdata menurut para ahli yang ditulis dalam buku “Basis Data”  oleh Janner Simarmata sebagai berikut:
  1.  Pengertian basisdata menurut Stephens dan Plew (2000) adalah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasiata data. Informasi adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hariuntuk berbagai alasan. Dengan basis data pengguna dapat menyimpan data secara terorganisasi. setelah data disimpan, informasi harus mudah diambil. Kkriteria dapat digunakan untuk mengambil informasi. Cara data disimpan dalam basis data menentukan  seberapa mudah mencari informasi berdasarkan banyak kriteria. Data pun harus mudah ditambah kedalam basisdata, dimodifikasi, dan dihapus.
  2.  Ramakrishnan dan Gahrke (2003) menyatakan basisdata adalah kumpulan data, umumnya mendeskripsikan aktifitas satu organisasi atau lebih yang berhubungan . Misalnya, Basisdata Universitasnmungkin berisi informasi mengenai hal berikut:
    > Entitas seperti mahasiswa, Fakultas, matakuliah, dan ruang kuliah.> Hubungan antar entitas seperti registrasi mahasiswa dalam mata kuliah, fakultas yang mengajarkan mata kuliah, dan penggunaan ruang untuk kuliah.
  3. Definisi basisdata, menurut Mcleod,dkk., (2001) dalah kumpulan seluruh sumberdaya berbasis komputer milik organisasi. Sistem manajemen basis data adalah aplikasi perangkat lunak yang menyimpan struktur basis data, hubungan antardata dalam basisdata, seta berbagai formulirdan laporan yang berkaitan dengan basis data . basis data yang dikendalikan oleh manajemen basis data adalah satu set catatan data yang berhubungan dan saling menjelaskan
    .
  4. Silberschartz, dkk., (2002) mendefinisikan basisdata sebagai kumpulan data yang berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan. sistem manajemen basisdata (DBMS) adalah kumpulan data yang saling berhubungan dan kumpulan program untuk mengakses data. tujuan utama sistem manajemen basis data adalah menyediakan cara menyimpan dan mengambil informasi data secara mudah dan efisien.


    semoga bermanfaat
    ref:
    google.com
    buku Database



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Beauty

Follow by Email

Breaking News